Selasa, 13 Oktober 2009

Profile AHON
Article Date:
Source: Depok, 26 November 2005

Siapa tak kenal Ahon atawa Herman Lo di dunia korek mengorek dan kilik mengilik motor bebek dan road race di Indonesia ?

Ditemui oleh penulis di rumah barunya dikawasan Depok Lama, rumah yang menurut Ahon adalah salah satu jerih payahnya selama jadi mekanik motor yang sudah sekian tahun di jalani sebagai salah satu profesi utama . Suasana asri dan sejuk sangat terasa , maklum rumah yang konon dibeli hampir Rp. 400 juta ini (bukan gossip lhoo?) terletak dikawasan Depok Lama yang emang dulunya dikenal sebagai kawasan sejuk alternatif di pinggiran Jakarta. Keramahan tuan rumah dan keluarga menyambut penulis. Kali ini penulis lebih memfokuskan diri pada sisi lain dari kehidupan Ahon, karena kalo ngebahas masalah bahasan otomotif terutama keahliannya dalam hal korek-mengorek mesin, kem dll tentunya sudah sering dibahas diliputan majalah, Koran maupun tabloid lain.

Di tangan ?tuner? nyentrik bin apik ini tim road race AHRS pimpinan Asep Hendro dapat berbicara dipentas Road Race nasional kisaran 2002 sampai dengan 2004 lalu dengan menanpilkan pembalap andalannya M. Fadli (Juara Nasional 110 cc 2004 Indonesia , juara Asia 2004 dll), Meilan (juara Nasional 100 Cc seeded 2003, dll). Maklumlah dia punya jam terbang tinggi sebagai Tuner motor sejak awal tahun 1990 yang secara mengejutkan bikin puyeng mekanik2 senior pada kejuaran Road Race di Kemayoran di era tahun 1990 an.

Di gaet oleh Tim AHRS sejak beberapa tahun lalu, membuat pengalaman dan jam terbang Ahon makin sipp lagi, tambahan ilmu, dana dan juga sokongan mesin dari pihak Suzuki membuat Ahon makin meningkatkan pengetahuannya walaupun pada awalnya hanya belajar secara otodidak tentang mesin di daerah asalnya , Kalimantan.

Membuka bengkel didaerah Depok, Sawangan SMS Surya Motor Ahon memfokuskan diri pada maesin 4 tak, tapi bukan berarti tidak terima order untuk ngorek 2 tak dan juga beberapa motor untuk spek drag race. Orderan datang dari berbagai kota luar Jawa. Di sisi lain, semakin berkembangnya bengkel yang dikelola, Ahon pun mengajak beberapa saudaranya untuk ikut mengembangkan bisnis bengkel yang ia kelola, menularkan ilmunya pada karyawan bukan hal yang baru buat Ahon. Saat ini dibengkelnya ada 5 orang karyawannya yang dia didik khusus untuk kemudian berharap mereka pun nantinya akan jadi Tuner ngetop juga.

Ada keinginan dari Ahon untuk membuka bengkel baru lagi persisi dirumah barunnya ini, dengan mempersiapkan halaman yang tersedia dan dikiranya cukup, mungkin pertengahan tahun depan bengkelnya akan segera dibangun..melebarkan sayap nih?.

Ubahan Kem yang sampai sekarang ini masih ditakuti oleh para mekanik road race lainnya ditanah air adalah salah satu keberhasilan dari Ahon untuk mendongkrak tenaga pacuan pembalapnya.

Selain kompresi, ubahan di kem juga pegang peranan. "Bisa dibuat bertahap agar pemula tak kaget. Lalu pelan-pelan ditingkatkan kemampuan mesinnya seiring bertambahnya jam terbang," papar Ahon mekanik spesialis 4-tak dari Sawangan, Depok. Doi juga jual kem bikinan sendiri lho..salah satu resep dari Ahon mengenai keahliannya

? Saya berangkat ke Jakarta dengan modal yang pas-pasan, coba adu nasib jadi mekanik di Jakarta hanya dengan modal beberapa puluh ribu, dengan usaha dan modal keahlian, akhirnya saya bisa bangkit dan kaya sekarang inilah hasilnya? ujar Ahon sambil ngisep rokok?

Bisnis Ahon bukan hanya sebagai Tuner dan kilik-kilik motor saja, sejak 2 tahun lalu mulai serius menggarap bisnis knalpot dengan label SMS ? Powered by Ahon? untuk beberapa jenis motor 4 tak . Tapi dia gak pengen saingan sama Juragan Asep AHRS, katanya masing-masing punya pangsa pasar yang berbeda.

Kondisi agak kurang menguntungkan terjadi di tim yang dipayunginya, AHRS Suzuki. Hampir sepanjang tahun 2005 ini, tunggangan para pembalap AHRS mulai kewalahan ngejar bebek saingannya Ini membuat Ahon mikir lagi untuk cari terobosan baru. ?Kita lihat tahun depan, moga2 ada kejutan kecil dari saya, saya mao perubahan yang bikin semua orang khususnya si Juragan kembali tertawa..he..he..? buset kejutan apa ya ?? moga-moga ada inovasi baru dari Ahon mengenai tehnik ngilik mesin terutama bagi tim AHRS Suzuki?biar lebih ngacir ngejar bebek saingan?

Tiba-tiba Hpnya berdering?ngomong sebentar dia dengan mimik serius. Selesai itu dia ngomong ?sorry ya gua harus ke bengkel ada yang mo dikerjain nih, biasa dari juragan...he..he..? papar Ahon

?Well, terima kasih atas waktu yang diberikan, kapan-kapan kita ngobrol lagi yak..? ujar gw. Makasih ya Bos..!!!

Sambil jalan ke luar kesamping rumahnya dia nyelonong masuk ke mobil biru keluaran terbaru yang belum lama didapat.

?Mobil baru ya Bos ??ujar gw

? He..he..hadiah dari Juragan..udah ya..sampe ketemu lagi..? sambil cengar-cengir kayak abis makan duren bangkok.

Busett dah?. Juragannya baik banget ya ???!!!!!

2 komentar:

  1. bos bikin kem doang bisa gag..???
    gw mau bikin kem smes...
    brapa duid..????

    BalasHapus
  2. bos alamat lengkap ahon di mna, sya mw gedein klep honda blade?
    kira" bisa pake klep ukuran berapa yah ?
    mohon di bales gan, thanks

    BalasHapus